Layanan Desain Web atau pembuatan web dengan sekumpulan konten online termasuk dokumen dan aplikasi. Antara lain:

  1. Pembuatan Akun Email
    Akun email merupakan bagian dari email institusi yang dapat digunakan oleh Fakultas/Prodi, Karyawan, Dosen serta UKM mahasiswa.
    Prosedur penanganan Pembuatan Akun Email sebagai berikut:
  • Calon Pengguna dapat mendaftarkan permintaan email dengan cara melakukan pendaftaran melalui formulir pendaftaran yang tersedia di PPPTIK UNISMA
  • Formulir yang telah diisi akan diperiksa keabsahan datanya oleh Staf divisi.
  • Staf divisi verifikasi data yang diisikan.
  • Staf divisi  memproses  pembuatan  dan  pengaktifan  akun email dan memberitahukan kepada kontak teknis yang disebutkan oleh pengguna melalui email atau telepon.
  1. Permintaan Subdomain
    Subdomain web Fakultas/Prodi merupakan bagian dari domain unisma.ac.id yang dapat digunakan oleh Fakultas/Prodi untuk menempatkan website unit kerjanya. Website tersebut dapat digunakan oleh unit kerja untuk menyebarkan informasi tentang profil, dosen dan staf, kegiatan, dokumen dan lain sebagainya.
    Prosedur penanganan Permintaan subdomain sebagai berikut:
  • Pimpinan Fakultas/Prodi mengajukan surat permohonan permintaan subdomain
  • Pengelola website ac.id membuat subdomain sesuai permintaan fakultas/prodi
  • Proses aktifasi subdomain
  • PPPTIK mengirimkan surat jawaban ke fakultas/prodi terkait

 

  1. Penanganan Gangguan Server
    Server merupakan bagian dari sarana media penyimpanan data yang dapat digunakan oleh Fakultas/Prodi untuk menempatkan data seperti dokumen, sistem informasi ataupun portal website unit kerja.
    Prosedur penanganan Penanganan Gangguan Server sebagai berikut:
  • Pemohon  melakukan   pengisian   gangguan   pada server melalui formulir yang tersedia di PPPTIK
  • Staf divisi  infrastruktur  mengakses  layanan  server tersebut untuk Memastikan bahwa pesan gangguan memang benar.
  • Apabila server yang mengalami gangguan tersebut pengelolaannya merupakan tanggung jawab PPPTIK, maka Staf Divisi Infrastruktur akan melakukan pengecekan pada server web untuk mencari sumber permasalahan pada server
  • Apabila server yang mengalami gangguan, pengelolaan servernya bukan tanggung jawab PPPTIK, maka staf   divisi  Infrastruktur  akan  menghubungi pengelola server tersebut    agar menyelesaikan permasalahan yang terjadi.
  • Staf yang ditugaskan akan melaporkan penyebab dan solusi penyelesaian  ke  staf  divisi  Infrastruktur  dan segera menyelesaikan permasalahan tersebut.